Berlari Dikejar Cinta

Apa yang bakal lu lakuin pas ketemu sama orang yang suka sama lu dan dia ngejer-ngejer elu dari dulu?
Jawabannya hanya ada dua. First, lu bakal ngehindar, atau, lu nanggepin dia, take it easy gitu.

Well. Kisah kayak gini pernah gua alami.

Sebut saja si D. Orangnya tinggi besar. Gak jelek, tapi gak cakep juga. Biasa aja. Menurut gua, semua yang ada di dia itu biasa. Kecuali satu hal, perjuangannya buat dapetin gua. Pertama kali dia coba buat nembak gua, itu pas kelas 6 SD. Dia ngasi gua sebuah surat, yang dia sebut sebagai surat cinta. Gua inget banget, surat itu dia kasi pas di depan pertigaan jalan menuju rumah gua.
“Rin!” langkah kaki gua terhenti gitu aja pas denger seseorang manggil nama gua dari belakang.
“Nih!” seorang cowok tiba-tiba menyodorkan sesuatu saat gua menoleh.
“Apaan nih?” tanya gua dengan tampang bingung. Perasaan tadi pas les ketemu deh, kok ngasinya baru sekarang? Kertas doank juga, dilipet-lipet lagi. Apaan nih?
“Surat. Baca ya,” dia tersenyum sambil memegang stang sepedanya. Gua pun perlahan membuka lipatan kertas.
“Eh, jangan sekarang!” katanya dengan nada berteriak. Masih dengan dahi berkerut, gua langsung berhenti untuk membuka lipatan kertas itu.
“kenapa?”
“Gak enak aja. Bacanya pas sampai di rumah aja,” gua mengangguk. D pun mengayuh sepedanya—meninggalkan gua dengan rasa bingung yang masih mengendap.
Surat itu masih di genggaman gua sampai pada akhirnya gua berada di kamar yang gua huni. Surat itu gua buka dengan perasaan bingung dan penasaran. Ada dua lembar kertas penuh berisi tulisan cakar ayam—bikin perasaan gua gak enak. Apaan nih? Cerpen? Puisi? Aku kan bukan penerbit. Apa maksudnya sih?  Gua pun mencoba mengeja tulisan yang amburadul itu dengan sabar. Kata pertama yang berhasil terbaca bikin perasaan tambah gak enak.

Karina, kamu tahu gak sih? Pas pertama kali aku ketemu kamu....

Wah, wah, wah. Surat macam apa ini? Gak ada pembukaan, eh, tiba-tiba langsung aja nanya macem-macem. Ya mana gua tahu lah. Kan elu yang ngerasain. Pake nanya lagi.

...aku ngerasain ada yang beda...

Apa? Lu mau bilang gua gak normal gara-gara gua tomboy? Lu mau bilang gua kayak anak cowok—gak kayak cewek normal, gitu?

Kamu cantik, baik. Aku ngerasain sesuatu sejak awal kita ketemu.

Wah, udah gua bilang juga, gua gak suka di bilang cantik! Lu nyari masalah banget sih! Apa? Lu sakit perut pas pertama kali liat muka gua yang konyol? 

Kamu lucu, ya. Aku suka.

Wait! Lucu? Sorry, gua bukan pelawak! Baca ni surat bikin gua gondok. Tapi karena dia temen gua, gua bela-belain ngebaca sampai titik terakhir dari surat ini. Mau tahu apa isi kalimat-kalimat selanjutnya? Gombalan gak mutu. Puisi yang gak puitis sama sekali. Dan beberapa kalimat permohonan—yang gua gak ngerti maksudnya. Besoknya, gua bawa surat aneh itu ke sekolah dan berharap temen-temen gua ngerti maksud surat tersebut.
“Kamu serius gak ngerti?” Layli, temen gua yang ngakunya udah berpengalaman dalam hal cinta, bertanya ke gua dengan tatapan gak percaya.
“Gak. Sama sekali.”
“Dia nembak kamu.” Layli, dengan tampang sok tahunya, menyerahkan surat yang udah dibaca ke gua.
“Buat apaan?” gua masih gak ngerti. Nembak? Dia mau bunuh gua?
“Jadi pacarnya lah,” gua menatap Layli, gak mengerti. Gua pun menoleh ke Ami dan Khansa, teman terbaik gua. Mereka hanya mengangguk-ngangguk. Gua yakin sebenarnya mereka juga gak ngerti maksud surat itu. Akhirnya, dengan terpaksa gua terima pernyataan Layli. Dau nembak gua buat jadi pacarnya, itulah kesimpulannya.

Awalnya D bukan siapa-siapa gua, sampai dia masuk di kelas les yang gua tempati. Yah, seperti biasa, kita kenalan, trus jadi temen. Dia bukan satu-satunya anak baru, ada satu orang lagi, sebut saja dia Y. D bukan temen gua di sekolah, tapi Y—anak baru yang katanya sepupunya D—ternyata adek kelas gua. Gimana nasib gua dengan akhir kisah surat itu? Asal lu tahu, gua udah kayak tahanan yang lagi diinterogasi. Setiap hari, setiap kali gua ketemu D atau Y, gua ditodong dengan beribu pertanyaan yang intinya tetep sama. “Suratnya udah dibaca?” atau “Gimana? Terima gak?”. Harusnya mereka nyadar donk, kalau nanya yang bener dikit. Apanya yang diterima? Suratnya? Ya udah gua terima lah, udah dibaca juga. Setelah gua tanya Layli tentang maksud dari semua pertanyaan itu, dia bilang, “Kamu mau jadi pacarnya gak? Kalo mau berarti kamu terima dia, kalo gak mau, berarti kamu tolak”.  Well. Gua masih loading sama pernyataan Layli. Akhirnya, gua memustuskan untuk diem aja dan gak ngomong apa-apa ke Dau ataupun yudi tentang  nasib si surat. Entah, gua juga gak tau kenapa mereka gak capek nanyain gua tentang sebuah ‘jawaban’. Di akhir masa belajar 6 tahun gua, telepon rumah gua berdering suatu pagi.
“Halo”, seru sebuah suara di seberang sana, terdengar seperti suara seorang anak lelaki.
“Halo, mau bicara sama siapa ya?”
“Karina, ini karina kan?”
“Ya. Saya sendiri. Ini siapa?”
“Em....ini  D. Gimana jawaban kamu soal suratnya?”
Wew. D? Surat? Gak, gak mungkin. Suaranya...kayak bukan D. Inikan suara....
“D? Bukan ah. Pasti kamu Y, ya? Iya. Pasti Y. Ngaku, deh. Udah ketahuan.”
“Eh? Bukan! Ini D!” jawab suara di seberang ragu-ragu.
“Halah, udah ketahuan juga! Kamu ngapain sih?”
“Gak. Aku sebenernya Cuma mau minta maaf kalo aku punya salah. Habis ini kamu pasti pindah sekolah. Kita gak ketemu lagi, mangkanya aku mau minta maaf.”
“Gak kok. Kamu gak punya salah,”
“Em...ya kali aja aku punya. Ya udah kalo gitu, makasih. Dadah...”
“Yo. Dadah...”
Gua menutup gagang telepon. Tumben banget si Y. Jangan-jangan D minta tolong nanyain nasib suratnya ke gua lewat Y lagi. Ya udahlah, lagian gua gak bakal ketemu lagi.

Nasib terkadang beda dari yang kita pikirkan. Gua mungkin dulu berpikir gak bakal lagi berhubungan dengan D atau Y. Guess what? D nyoba buat nembak gua untuk yang kedua kalinya. Kali ini lewat facebook. Dia nge-add gua dan gua terima. Berkali-kali dia message gua, sekedar basa-basi. Tapi suatu hari, dia ngirim message yang gak biasa.

Karina, dulu aku nembak kamu, kamu gak ngejawab. Sekarang aku nembak kamu lagi, mau gak kamu jadi pacarku?

Wew. Apaan nih? Nembak lagi? Aduh, dikirain udah berhenti. Gua jadi mikir, sebenarnya, apa bagusnya gua sih? Kok bisa ni orang sampai nembak gua dua kali. Dasar aneh. Segera gua ketik jawaban yang mantap, singkat, dan tegas.

Gak.

Udah. Gua nolak dia, lagi. Tapi ternyata, kedua kali itu bukan berarti yang terakhir kali buat dia nembak gua. Waktu gua libur kenaikan ke kelas 3 SMP, dia masih berusaha nembak gua. Kali ini lewat SMS. Awalnya, dia Cuma basa-basi. Lama-lama, dia berani nanyain: “Kamu udah punya pacar?” atau “Kamu lagi suka sama orang” atau “Kamu deket ama temen cowokmu gak?”. Dan, bisa ditebak, setelah gua jawab kalo gua gak punya pacar, dia nanya: “Kalo aku jadi pacar kamu, boleh?”. Halo? Udah jelas gua nolak 2 kali. Dan berarti, ini yang ketiga. Gua tolak dia, lagi. Sorry man, I think you'd better be my friend.

Meskipun dia udah nembak gua 3 kali dan gua tolak terus-terusan, gua tetep berusaha membina pertemanan yang baik dengan dia. Kita tetep message-an lewat fb. Ya, gua kira dia udah berhenti buat nembak dan ngejer-ngejer gua lagi. Tapi, sekali lagi, nasib itu terkadang berbeda dengan yang kita pikirkan. Dau gak berhenti gitu aja. Dari message, dia pindah ke dinding facebook gua. Oh my God! Dia udah kayak teroris yang terus menerus neror gua lewat tulisan-tulisannya. Kakak gua gak sengaja baca tulisan dia. Dan... whop! Sekarang giliran kakak gua yang menginterogasi gua tentang D. Gua jawab sejujurnya, sekenanya. Kakak gua pun menyimpulkan bahwa D adalah tipe cowok yang harus gua jauhi. Then, as my protector,  kakak gua coba menghubungi D buat nyuruh dia ngejauhin gua. Akhirnya, terjadilah sebuah pertempuran kecil antara kakak gua dan D, untungnya Cuma lewat chat di fb.

Eits. Cerita ini belum berakhir lho. Gua masih berhubungan sama D sampai SMA. Dan, setiap gua pulang kampung, dia masih mencoba buat ngedeketin gua. Sekedar ngajak jalan atau mau main ke rumah gua. Tapi rencananya selalu bisa gua gagalin. Alhasil, dia gak pernah jalan ama gua atau sekedar menginjakan kaki di rumah gua. Kadang, gua merasa kasihan dengan D, sekaligus merasa bersalah. Gua gak pernah mikirin perasaannya. Sorry, bukan gua gak punya perasaan. Gua tahu banget rasa sakit hati itu. Tapi gua pikir, ini yang terbaik. Gua nolak dia di awal—dia sakit hati di awal. Daripada gua terima, tapi dia bakal sakit banget akhirnya. Sorry man, wish you could find someone better.


Cara Menghadapi Pengejar Cinta
Nah, kalau lu pada pernah atau bahkan lagi ngalamin hal semisal ini, gua punya saran dan beberapa tips untuk menghadapinya:

  • Hadapi aja. Jangan takut. Lu harus punya keberanian buat sekedar bilang “Gak” ke dia. Gua tau ini kejam, nolak mentah-mentah. Tapi lu harus mikir gimana sakit hatinya dia kalau tahu lu Cuma nerima dia gara-gara kasihan, apalagi dia tahu kalau lu sama sekali gak cinta sama dia. It will hurt.  
  •   Jangan kasi harapan palsu alias PHP (Pemberi Harapan Palsu) ke dia. Kalau emang gak cinta, ya udah. Lu harus bersikap biasa, do as normal. Jangan kasi perhatian berlebih yang bikin dia ngerasa kalau elu juga cinta ama dia. 
  • Katakan yang sejujurnya. Let him know about your feeling. Bilang aja lu Cuma anggep dia teman biasa. Biar dia gak salah sangka sama elu.
  • Jangan manfaatin dia buat kepentingan lu. Dia bakal sakit hati banget kalau tahu lu Cuma manfaatin dia—cuma  hubungin dia kalau lu butuh doank. Sementara pas dia susah, atau lu lagi seneng, lu gak mau bantu plus deketin dia. Isn’t it bad?
Ya. Gua Cuma bisa ngasi tips doank. urusan selanjutnya, itu tergantung elu. That’s your way. Lakukan yang menurut lu terbaik. Dan ingat! Semua perbuatan itu ada akibatnya. Pikirin juga kalau lu yang di posisi dia. Bisa aja suatu saat, lu ngalamin kisah cinta tak berbalas kayak dia. Do your best, guys!

3 komentar:

@mi_mimiyu mengatakan...

asyik dah lu dhil... siape tuh??? ciyeeee... ciyeee.....

@mi_mimiyu mengatakan...

gua setuju sama tips elu dhil...

Karina Fadhilah Ahmad mengatakan...

buat yang lu tanyain langsung ke gua (apa banget dah, serasa kayak psikolog)
just keep moving on
lakuin apa yang menurut lu bener

Posting Komentar